01/08/11

Cara Membasmi Kutu Pada Kucing Persia

Aduh pusing kalo kucing kita banyak KUTUny pasti gatal dan tak mempunyai nafsu makan, kurang tidur dll.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menghilangkan / membasmi kutu pada kucing kesayangan kita dengan cara alami dan tidak membahayakan kucing peliharaan kita.

Melakukan Suntikan Ivermectin
Banyak orang yang beranggapan bahwa suntukan ini adalah untuk menghilangkan jamur, padahal SALAH besar. Ivermectin adalah dipergunakan untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu. Sepertihalnya obat lain, ivermectin hanya membunuh cacing/kutu dewasa, tidak membunuh telurnya. untuk menghasilkan hasil yang maksimal harus dilakukan suntukan selama setidaknya 3 kali suntikan ivermectin dengan jarak 3-4 minggu. Injeksi ivermectin harus dilakukan dengan hati-hati pada kucing umur kurang dari 4 bulan. Suntikan ivermectin tidak dianjurkan pada anak kucing berumur kurang dari 2 bulan, karena sangat berbahaya pada kucing yang ya dapat dikatakan baru lahir tersebut, dapat menyebabkan keracunan dan mengganggu perkembangan ginjal.
Untuk pencegahan cacing & kutu pada kucing dewasa, suntikan ivermectin dapat dilakukan 2-4 kali setiap tahunnya.

Obat Tetes & Spray
Ada banyak obat tetes dan spray anti kutu yang di jual di petshop, seperti Accurate dan Frontline. Perhatikan aturan pakai setiap obat, biasanya obat-obatan tersebut tidak dianjurkan digunakan pada kucing dibawah umur 2 bulan.

Obat tetes biasanya diteteskan di kulit pangkal kepala di bagian belakang, dimana kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut. Obat tetes Frontline cukup efektif membasmi kutu/pinjal selama 1 bulan. Agar tuntas sebaiknya diulang 1 bulan kemudian.

Untuk pencegahan, pemberian obat tetes dapat dilakukan 2-3 kali setahun

Shampoo anti kutu
Ya sudah tidak usah dibahas lagi mungkin sudah banyak yang tahu tentang Shampoo ini ya hehe

Pada kasus parah disertai komplikasi, diperlukan kombinasi beberapa cara sekaligus. Dan yang tidak kalah penting adalah membersihkan kandang, lantai dan tempat tidur kucing. Karena telur kutu bisa saja terdapat di sela-sela kandang, retakan lantai atau alas tidur kucing. karena kebersihan adalah beberapa faktor yang menjadikan kucing anda terkena beberapa cacing tsb. 

Et et et... ada yang paling gampang membasmi kutu pada kucing CARA ALAMI cara yang saya pake :

Yang alami lakukan dengan cara mengoleskan minyak KAYU PUTIH atau MINYAK TELON ke bulu dan badan kucing. Bisa secara merata, atau cukup di daerah dimana kutu sering menghinggap (sekitar telinga, leher, ketiak, kaki dan sebagainya). Pasti kutuny pada kabur loncat-loncat awas kena ya.
Biarin selama 20 meni, jangan khawatir kucing ga akan jilat-jilat badannya ko, terus bilas sampe bersih. kalo ga di bilas kasian kucingnya ngeong-ngeong terus.
akhirnya bebas dari kutu deh kucing ny.

Penggunaan ini terbilang cukup aman, bahkan sangat aman, sekaligus jg bs membuang racun-racun tubuh yang ada dalam tubuh kucing.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar